Senin, 20 Oktober 2014
Follow Us: Facebook twitter
Ribuan Jamaah Haji Batam di Makkah, Sehat
Headline
(foto: inilah.com)
Oleh: Harian Haluan Kepri
sindikasi - Kamis, 10 Oktober 2013 | 02:35 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Batam - Sebanyak 795 jamaah haji asal Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) di Tanah Suci dalam kondisi sehat. Saat ini, jamaah berada di Makkah Al Mukaromah bersama jamaah lainnya.

Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam, Mazdjad yang dijumpai Haluan Kepri, Rabu (9/10) mengatakan, seluruh jamaah asal Kepri telah menjalankan sejumlah rangkaian ibadah haji.

"Alhamdulillah, semua jamaah asal Kepri berada dalam kondisi sehat," ucap Mazdjad.

Mazdjad menjelaskan, sampai kemarin dari seluruh jamaah Embarkasi Batam, ada dua jamaah asal Riau yang wafat di Tanah Suci, yakni, Dewi Ayumi binti Abd Syukur (50) jamaah asal Siak yang tergabung pada kloter 14, meninggal pada, Sabtu (28\9) karena kardiovaskular. Lalu, Abdul Manan bin Sani (77), wafat pada, Senin (30/9) di Madinah akibat penyakit kardiovaskular.

Seluruh jamaah yang tengah menunaikan ibadah haji di Makkah, ucap Mazdjad akan melakukan ibadah qurban. "Setelah itu, jamaah akan melaksanakan wukuf di Arafah," ucapnya.

Menurutnya, untuk rencana proses kepulangan jamaah haji Embarkasi Batam akan dimulai pada 21 Oktober mendatang.

Sementara, Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam, H Handarlin H Umar mengatakan, proses perjalanan ibadah haji kloter 18 berlangsung lancar mulai kloter 1 sampai kloter 18 dan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Hal ini berkat semua program panitia ibadah haji Embarkasi Batam, mulai dari asrama haji, transportasi, konsumsi, tenaga medis hingga keamanan. Untuk musim haji tahun ini, Embarkasi Batam melayani jamaah dari empat provinsi, yakni Kalimantan Barat, Riau, Jambi, dan Kepri.

"Alhamdulillah, proses keberangkatan seluruh JCH Embarkasi Batam tidak menemui kendala," ucap

Berdasarkan data yang diterima sampai kloter terakhir, jumlah JCH dan petugas haji yang diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Embarkasi Batam berjumlah 8.089 orang. Sementara JCH yang batal berangkat disebabkan wafat sebelum berangkat, sakit, hamil, dan tunda/undur, berjumlah 31 orang.

Handarlin menjelaskan, dari evaluasi keseluruhan, tidak dijumpai hal-hal yang menjadi kendala. "Dari 18 kloter, keberangkatan yang cepat dari jadwal sebanyak 6 kali atau 200 menit, lambat 11 kali atau 189 menit. Jika dirata-ratakan, seluruhnya sesuai schedule yang ditetapkan," ujar Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Kepri itu.

Berdasarkan evaluasi dari masing-masing bidang Panitia Ibadah Haji (PIH) Embarkasi Batam, rata-rata program panitia di masing-masing bidang seperti kesehatan, keamanan, imigrasi, pembinaan jamaah/petugas, bea cukai, katering, dan transportasi, berjalan baik.

"Secara umum, semuanya berjalan lancar. Kalau pun ada masukan, sifatnya lebih pada penguatan kerja untuk masa yang akan datang," jelasnya.

Namun Handarlin juga mengungkapkan, kedepan masing-masing bidang diharapkan lebih meningkatkan koordinasi dan komunikasi.

"Kita ambil contoh pada bidang kesehatan, masih ada ditemukan buku kesehatan JCH yang tidak diisi secara lengkap. Untuk itu, PIH Embarkasi Batam akan melakukan koordinasi dan konsultasi dengan petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di daerah. Begitu juga antara petugas imigrasi dengan pihak airlines terkait paspor JCH, kami tidak boleh lengah sebab pada 21 Oktober kami menyambut dan melayani jamaah proses pulang," tandasnya.[ris]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA