Minggu, 21 Desember 2014
Follow Us: Facebook twitter
Menko Kesra : Penerima KPS Sudah Tepat Sasaran
Headline
Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono - (Foto: inilah.com)
Oleh: Haluan Padang
sindikasi - Senin, 17 Juni 2013 | 08:35 WIB
Berita Terkait


INILAH.COM, Padang — Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono mengecek langsung ke sejumlah daerah yang sudah membagikan Kartu Pengaman Sosial (KPS), termasuk ke Padang dan Pulau Mentawai.

Ia menilai pembagian kartu ini sudah tepat sasaran ke sejumlah warga miskin atau sudah mencapai 99 persen.

“Saya sudah kunjungi enam provinsi, dan belum ditemukan ada yang tidak tepat sasaran. Semuanya tidak ada masalah. Jika selama ini ada yang mengkhawatirkan tidak tepat sasaran, ternyata belum terbukti. Mudah-mudahan semuanya berjalan lancar,” kata Agung Laksono usai menyerahkan secara simbolis KPS ke warga miskin Ulak Karang Selatan, Sabtu (15/6/2013) di Padang.

Dikatakan, sekitar 15,5 juta keluarga berpenghasilan rendah dipastikan mendapatkan bantuan raskin sekaligus untuk mengantisipasi dampak inflasi menyusul rencana kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) oleh pemerintah. Untuk menjamin bantuan tersebut supaya tidak salah sasaran, pemerintah membagikan KPS kepada masyarakat penerima bantuan.

Agung menyebut, bila nanti kompensasi kenaikan BBM disetujui oleh DPR, maka raskin yang tadinya disalurkan 12 kali dalam setahun, akan ditambah tiga kali lagi sehingga dalam setahun disalurkan 15 kali. Kemudian Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) juga akan diberikan kepada masyarakat pemilik KPS ini sebanyak Rp 150.000 per bulan selama 5 bulan.

“Untuk yang punya anak sekolah, mendapatkan bantuan beasiswa selama setahun. Baik SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi,” kata Agung.

Agung menjelaskan, total seluruh bantuan yang dianggarkan pusat tahun 2013 ini sebesar Rp30 triliun yang akan disalurkan ke seluruh pemegang KPS di Indonesia. Didalamnya sudah termasuk BLSM dan raskin serta beasiswa selama 5 bulan.

Dijelaskan, sasaran KPS ini untuk 25 persen masyarakat Indonesia yang tergolong berpenghasilan rendah, atau sekitar 60 juta jiwa dari 15,5 juta keluarga.[man]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA