Rabu, 20 Agustus 2014
Follow Us: Facebook twitter
Peminta SBMPTN Di Padang Menurun
Headline
Logo Padang - (Foto: inilah.com)
Oleh: Haluan Padang
sindikasi - Rabu, 5 Juni 2013 | 10:28 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Padang - Jumlah peserta yang mendaftar untuk jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2013 ini, mengalami penurunan drastis dibandingkan tahun 2012 lalu. Hingga 4 Juni 2013 kemarin, jumlah peserta yang mendaftar di Panitia Lokal (Panlok) 17 Padang (UNP dan Unand), hanya berkisar 28.503 orang.

Dimana dari seluruh jumlah itu, Panlok Padang membagi tiga kelompok ujian, yakni Saintek, Soshum, dan Campuran. Untuk kelompok Saintek, jumlah pesertanya 8.668 orang, Soshum 12.370 orang, dan Campuran sebanyak 7.465 orang.

“Jumlah peserta yang mendaftar untuk jalur SBMPTN, jauh mengalami penurunan dari tahun lalu. Tahun lalu, Panlok Padang menerima sebanyak 38 ribu peserta. Namun, pada SBMPTN kali ini, Panlok baru menerima pendaftar sebanyak 28.503 orang saja. Padahal, pendaftaran akan ditutup pada tanggal 7 Juni 2013 nanti,” ujar Kepala Humas Panlok SBMPTN 17 Padang Amril Amir, Selasa (4/6/2013) malam.

Dikatakan, dengan jumlah tersebut, maka Panlok Padang hanya memperkirakan jumlah peserta SBMPTN berkisar 30 ribu-an saja. Karena, sesuai dengan hasil pengamatan Panlok, peserta yang medaftar SBMPTN, hanya berkisar 4.000 peserta setiap hari.

“Sebelumnya kami menyediakan kursi untuk peserta SBMPTN sebanyak 40 ribu orang. Namun, melihat kondisi sekarang, 10.000 kursi tidak akan terisi, alias kosong. Karena, kami memprediksi hanya 30 ribu kursi yang akan terisi,” ungkapnya lagi.

Ditambahkan, sebelumnya UNP akan menerima mahasiswa baru sekitar 5.600 orang. Dengan jumlah itu, maka UNP akan menampung sekitar 30 persen dari jalur SBMPTN, 50 persen dari jalur SNMPTN, dan sisanya 20 persen, akan diterima melalui jalur Mandiri.

“Sedangkan Unand akan menerima mahasiswa baru sekitar 6.000 orang, dengan kualifikasi 60 persen dari jalur SNMPTN, dan sisanya 40 persen dari jalur SBMPTN,” imbuhnya lagi.[man]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA