Rabu, 23 April 2014
Follow Us: Facebook twitter
Mahasiswa Unand Tuntut Kejelasan Pemberlakuan UKT
Headline
Universitas Andalas (Unand) - (Foto: istimewa)
Oleh: Haluan Padang
sindikasi - Selasa, 28 Mei 2013 | 03:27 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Padang - Puluhan mahasiswa Universitas Andalas (Unand) yang tergabung dalam BEM KM Unand, mendatangi gedung Rektorat Unand, Senin (27/5). Mereka menuntut kejelasan tentang pemberlakuan uang kuliah tunggal (UKT) yang rencananya akan diberlakukan pada periode 2013/2014 ini.

Para mahasiswa tersebut berorasi menuntut pihak Rektorat untuk segera melakukan sosialisasi kepada seluruh mahasiswa dan lembaga mahasiswa Unand selambat-lambatnya Kamis 30 Mei 2013. Mereka juga meminta pihak Rektorat untuk menjamin dan membantu seluruh mahasiswa baru Unand (terutama mahasiswa kurang mampu) yang akan kuliah di Unand.

Vicky Maldini, Presiden BEM Unand yang juga koordinator lapangan aksi ini mengatakan, permasalahan yang ditimbulkan oleh UKT adalah nilai nominal uang kuliah menjadi lebih besar karena sistem pembayaran uang kuliah dihitung berdasarkan seluruh komponen biaya pendidikan, yang dibagi secara merata ke tiap semester dengan asumsi waktu kuliah 8 semester.

“UKT tidak mengenal sumbangan dana pengembangan institusi, dana pratikum, sumbangan bus kampus, biaya wisuda dan dana-dana lainnya,” jelas Vicky.

Rektor Unand, Werry Darta Taifur menjelaskan, sampai hari ini pihaknya belum menerima surat secara tertulis dari Dirjend Dikti mengenai pelaksanaan UKT di Unand.

“Yang kami terima tanggal 18 Mei kemarin adalah besarnya jumlah UKT yang akan diterapkan. Kami belum bisa mensosialisasikan hal tersebut karena baru menerima besaran UKT saja. Kami akan mengadakan rapat sosialisasi UKT kepada tiap-tiap fakultas,” kata Werry.

Ia menegaskan, perhitungan UKT yang dibebankan kepada mahasiswa miskin, lebih rendah dari biaya kuliah karena berdasarkan subsidi dan ketentuan, yakni sebanyak Rp500.000. Pemberian subsidi berbeda berdasarkan kategori pendapatan.

Sebelumnya, 24 April 2013 di RRI Padang, Werry Darta Taifur menjelaskan tentang pengertian, manfaat, penghitungan dan pengelompokan UKT. Beberapa manfaat UKT yang dikatakan Werry adalah, UKT memberikan kepastian kepada orang tua mahasiswa tentang jumlah biaya pendidikan yang harus dibayar tiap semester dan memudahkan orang tua mahasiswa menghitung jumlah uang yang harus disediakan sejak mulai mendaftar sampai menerima ijazah. [ton]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.