Kamis, 24 April 2014
Follow Us: Facebook twitter
Pengerukan Pasir Diduga Ilegal
Headline
Tambang pasir - (Foto: ilustrasi)
Oleh: Harian Haluan Kepri
sindikasi - Kamis, 11 April 2013 | 04:05 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Lingga - Pengerukan pasir di kawasan Gunung Muncung, Kecamatan Singkep yang dilakukan oleh pihak pelaksana proyek, diduga ilegal. Pasalnya, kegiatan tersebut belum mendapatkan persetujuan dari dinas terkait.

"Seharusnya pemilik proyek itu harus melakukan koordinasi dengan dinas terkait, seperti Dinas Kehutanan dan Dinas Pertambangan Kabupaten Lingga," ungkap Camat Singkep, Kisan Jaya, Rabu (10/4).

Menurut Kisan, status kawasan tersebut hingga saat ini belum jelas. Apakah masuk dalam kawasan hutan lindung atau bukan. Itu sebabnya, pihaknya meminta agar pemilik proyek segera melakukan koordinasi dengan dinas terkait, menyangkut perizinan.

"Kalau penambangan pasir itu masuk dalam golongan C, maka silahkan koordinasi dengan Dinas Pertambangan. Tapi menyangkut kawasan hutan lindung atau bukan, itu kewenangannya ada di Dinas Kehutanan," ujar Kisan.

Dikatakan Kisan, untuk urusan retribusi maka itu kewenangan Bagian Pendapatan Daerah. Bahkan dirinya mengaku telah menginstruksikan kepada pihak yang melakukan kegiatan pengerukan pasir tersebut.

"Apakah instruksi itu telah dijalankan oleh pihak pelaksana proyek atau belum, saya tidak tahu. Karena kenyataan di lapangan, aktivitas pengerukan hingga saat ini masih berlangsung," kata Kisan.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Haluan Kepri di lapangan, aktivitas pengambilan pasir berada di kaki Gunung Muncung itu diduga ilegal. Selain itu kawasan tersebut juga, hutan lindung.

Pantauan di lapangan, puluhan truk pengangkut pasir terus menjalankan aktivitasnya sebagaimana biasanya. Bahkan ruas jalan di kawasan tersebut mulai rusak, akibat lalu lalang kendaraan. Tampak sebuah alat berat jenis buldozer terus melancarkan kegitan pengerukan pasir di lokasi tersebut. [gus]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.