Kamis, 17 April 2014
Follow Us: Facebook twitter
Ini Kaleidoskop Kepri 2012
Headline
ist
Oleh: Haluan Kepri
sindikasi - Sabtu, 29 Desember 2012 | 01:40 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Kepri - Sepanjang tahun 2012, banyak peristiwa yang terjadi di Provinsi Kepri. Dari aneka ragam kejadian itu, ada beberapa yang menjadi sorotan atau pembicaraan hangat publik.

Yang paling ramai, tentu peristiwa ditemukannya enam bunker berisi solar bersubsidi di Kelurahan Seinam, Kecamatan Bintan Timur, Kabupaten Bintan. Enam bunker itu milik PT Gandasari. Polisi juga menemukan tiga unit lori tanki minyak yang diduga dipakai untuk melansir solar.

Penemuan itu pantas disorot. Pasalnya, ketika itu masyarakat Kepri sedang dibuat repot oleh kelangkaan bahan bakar minyak, terkhususnya solar. Hampir di semua daerah, solar susah didapat. Sayang, hingga kini, kasus ini masih mengambang. Penetapan tersangka kepada bos PT Gandasari, Andi Wibowo pun berubah-ubah. Ada ketidaksinkronan antara penegak hukum, yakni Polres Tanjungpinang, Kejaksaan Negeri Tanjungpinang, Kejaksaan Tinggi Kepri dan Polda Kepri. Sekarang, kasus ini berada di bawah pengawasan Polda Kepri.

Selain penemuan bunker Gandasari, masyarakat Kepri juga disuguhi oleh berbagai peristiwa korupsi. Di antaranya, kasus korupsi KPU Karimun dan KPU Batam. Kemudian, ada pula kasus korupsi yang menyeret mantan Plt Sekda Kota Tanjungpinang, Gatot Winoto ke balik jeruji besi.

Yang terbaru, selain alotnya pembahasan upah minimum kota (UMK), Provinsi Kepri sepertinya akan mendapat tambahan satu kabupaten baru. Itu setelah DPRD Kepri secara bulat setuju merekomendasikan pemekaran Kabupaten Karimun, dengan membentuk Kabupaten Kundur.

Berikut cuplikan-cuplikan peristiwa yang terjadi di sepanjang tahun 2012 di lima daerah kabupaten/kota di Kepri selain Kota Batam:

3 Januari
Oknum Polisi Pesta Sabu

Jajaran Polresta Tanjungpinang menangkap BS, anggota Satnarkoba Polda Kepri yang tengah berpesta sabu-sabu bersama tiga orang pengusaha tambang bauksit di Hotel Aston Tanjungpinang.

4 Januari
Guru Hamili Siswa

ES, oknum guru olahraga salah satu SMA di Natuna ditangkap jajaran Polres Natuna, Rabu (4/1). Dia diduga mencabuli siswinya yang masih duduk di bangku kelas dua hingga hamil tiga bulan. Tersangka ditangkap saat berada di bengkel motor di Jalan Air Lakon, Ranai, Kabupaten Natuna.

14 Januari
4 WN Singapura Tenggelam, 2 Tewas

Empat warga negara (WN) Singapura tenggelam saat berenang di Pantai Trikora IV, Desa Malang Rapat, Kabupaten Bintan, Kepri, Sabtu (14/1) pagi. Dari empat orang tersebut, dua orang berhasil selamat, yakni Ghuzaifa dan Muhammad Ridwan bin Slamet. Sementara dua orang lainnya, Yusuf Michael dan Yusuf Ghazali ditemukan tewas.


4 Februari
Penyelundupan Heroin Rp3,75 Miliar

Petugas Bea dan Cukai (BC) Tipe A II Tanjungpinang menggagalkan penyelundupan heroin seberat 750 gram atau diperkirakan seharga Rp3,75 miliar dari Malaysia, Sabtu (4/2). Narkotika itu dibawa seorang kurir As (37) warga Tulung Agung, Jawa Timur (Jatim) melalui pelabuhan internasional Tanjungpinang.


15 Februari
Kajati Kepri Dicopot

Kajati Kepri M Adi Toegarisman dicopot dari jabatannya. Posisi Adi diganti Elvis Joni yang sebelumnya menjabat Kepala Bidang Kepegawaian Kejaksaan Agung RI. Sementara Adi menempati posisi baru menjadi Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung menggantikan Noor Rachmad.


22 Februari
Kapal Rombongan Bupati Karimun Tabrak Karang

Kapal feri Seatech yang membawa rombongan Bupati Karimun Nurdin Basirun dan sejumlah kepala dinas lainnya, kandas. Kapal yang mengangkut sekitar 50 orang menabrak karang dan pohon bakau di sekitar Perairan Parit, Kecamatan Buru atau sekitar 10 menit perjalanan dari Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun, Rabu (22/2). Tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

21 Maret
Puting Beliung Rusak 11 Rumah

Hujan dan angin kencang merusak enam rumah di Kelurahan Teluk Kriting dan lima rumah di Madong, Senggarang, Kota Tanjungpinang, Rabu (21/3) pukul 16.30 WIB . Kerusakan parah terjadi pada bagian atap. Bahkan ada atap rumah yang terbang sejauh 100 meter.

24 Maret
Penimbun Solar Ditangkap

Polres Natuna menggerebek lokasi penimbunan 2,1 ton solar bersubsidi milik HK di Desa Harapan Jaya, Kecamatan Bunguran Tengah, Kabupaten Natuna, Sabtu (24/3) malam. HK lantas ditangkap karena stok BBM-nya melebihi kapasitas yang diizinkan pemerintah. Sementara izin perdagangan BBM yang dimiliki HK juga telah habis masa berlakunya.


10 April
Dua ABK Kapal Dibunuh di Tengah Laut

Pembunuhan sadis terjadi di atas kapal ikan Enam Bersaudara GT 29 yang dinakhodai Intau alias Abeng (46) di tengah laut perairan Natuna, Selasa (10/4) sekitar pukul 05.00 WIB. Dua ABK, Abdul Gafur (29) dan Agus (25) tewas dibunuh sesama rekannya, Anto (29). Mayat salah satu korban, Gafur dibuang pelaku ke laut.


24 April
Ketua KPU Karimun Ditahan

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Karimun Zulfikri dan Ketua Pokja Pemilihan, Darman Munir ditahan penyidik Kejari Karimun, setelah menjalani pemeriksaan sekitar delapan jam, Selasa (24/4). Keduanya diduga melakukan korupsi dana hibah Pemilukada Karimun 2009-2010 senilai Rp2 miliar.


2 Juli
Gaji Anggota DPRD Bintan Dirampok

Bendahara Sekretaris Dewan Bintan, Nur Affandy (37) dirampok dua pemuda yang mengendarai sepeda motor di Jalan Bakar Batu, depan SDN Teladan Tanjungpinang, Senin (2/7) sekitar pukul 10.20 WIB. Uang sebesar Rp728.156.000 untuk gaji pegawai dan anggota dewan yang baru diambil dari Bank Riau raib dibawa kabur pelaku.


27 Juli
6 Kepala UPT DKP Bintan Ditahan

Enam Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Kelautan dan Perikanan Bintan ditahan Polres Bintan, Rabu (27/7) malam, terkait kasus dugaan korupsi bantuan nelayan sebesar Rp100 juta.
Keenam orang itu adalah J Kurniawan, UPT Kecamatan Mantang dan Bintan Pesisir, Gunawan, Kepala UPT Bintan Utara dan Serikuala Lobam, Said Ilyas, UPT Teluk Bintan, Said Kamsita, UPT Bintan Timur, Andi, UPT Gunung Kijang dan Mursid, UPT Tambelan.

10 Agustus
Pensiunan Guru Tewas Dibunuh

Pensiunan guru SMPN 4 Tanjungpinang, Nurtinis (65) dibunuh perampok saat menyantroni rumahnya di jalan Haji Ungar, Lorong Raya, No 41, RT/RW 2/II, Kelurahan Tanjung Ayun Sakti, Kecamatan Bukit Bestari, Tanjungpinang, Provinsi Kepri, Jumat (10/8) siang. Perampok berhasil membawa kabur kalung, cincin dan gelang emas yang melekat di tubuh korban.


25 September
Polisi Temukan 6 Bunker Solar di Bintan

Kepolisian Tanjungpinang dan Bintan, Provinsi Kepri menemukan enam bunker (tempat penyimpanan) solar ilegal milik PT Ganda Sari di Jalan Seinam Darat, Kelurahan Seinam, Kecamatan Bintan Timur, Kijang, Selasa (25/9). Polisi pun menyita tiga unit lori tanki solar di lokasi. Sampai sekarang, kasus ini masih dalam proses di Polda Kepri.

22 Oktober
Azirwan Mundur

Mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Bintan yang menjadi terpidana kasus alih fungsi hutan lindung pada 2008, Azirwan akhirnya mundur dari jabatannya sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprov Kepulauan Riau (Kepri). Posisinya digantikan oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Raja Ariza.

9 November
Raja Faisal Mundur

Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) Kota Tanjungpinang (Tpi) Raja Faisal Yusuf mengundurkan diri dari jabatannya, Jumat (9/11). Sama seperti Azirwan, pengunduran diri Raja Faisal juga lantaran dia pernah menjadi narapidana dalam kasus korupsi.


27 November
Gatot Winoto Ditahan

Mantan Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Gatot Winoto ditahan di penjara Rutan Kelas II Tanjungpinang, Selasa (27/11) sore. Gatot, bersama dua pejabat Pemko Tannjungpinang lainnya, yakni mantan Pejabat Penata Keuangan (PPK), Muhammad Yamin dan Kepala Bendahara Setdako Tanjungpinang, Muhammad Rasyid dinyatakan terbukti melakukan tindakan korupsi Uang Untuk Dipertanggungjawabkan (UUDP) Pemko Tanjungpinang tahun 2010 senilai Rp1,1 miliar.


1 Desember
Rekomendasi UMK 2013

Upah Minum Kota/Kabupaten (UMK) di Provinsi Kepri sudah direkomendasikan masing-masing kepala daerah untuk disahkan oleh Gubernur Kepri. Nilai UMK itu masing-masing, Kabupaten Bintan Rp1.900.000, Anambas Rp1.470.000, dan Tanjungpinang Rp1.365.087. Kemudian, Kota Batam Rp2.040.000, Natuna sebesar Rp1.370.000 dan UMK Lingga sebesar Rp1.367.000.

5 Desember
Kadis PU Lingga Mundur

Setelah Azirwan dan Raja Faisal, giliran Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Lingga, Iskandar Ideris yang mengundurkan diri dari jabatannya, Rabu (5/12). Pengunduran diri Iskandar ini karena pernah menjadi narapidana dalam kasus korupsi Dermaga Rejai, Senayang yang roboh tahun 2010 lalu.

14 Desember
APBD Kepri Rp2,547 Triliun

DPRD Kepri dan Pemerintah Provinsi Kepri sepakat APBD Kepri tahun anggaran 2013 ditetapkan sebesar Rp2,547 triliun, dalam rapat paripurna di Kantor DPRD Kepri di Dompak, Jumat (14/12). Jumlah itu naik sekitar Rp76 miliar dari APBD murni tahun 2012.


26 Desember
DPRD Kepri Setuju Pemekaran Kundur

Wacana pembentukan Kabupaten Kepulauan Kundur terpisah dari Kabupaten Karimun yang dikhawatirkan gagal akhirnya terwujud. Fraksi-fraksi di DPRD Kepri secara bulat menyatakan persetujuan dan dukungan pembentukan Kabupaten Kundur tersebut dalam sidang paripurna pandangan fraksi di gedung DPRD Kepri, di Pulau Dompak, Tanjungpinang, Rabu (26/12).

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.