Selasa, 2 September 2014
Follow Us: Facebook twitter
Mahasiswa Unhalu Ukir Prestasi di Jepang
Headline
ist
Oleh: Media Sultra
sindikasi - Sabtu, 22 September 2012 | 01:25 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Kendari - Lima mahasiswa Unhalu kembali mengharumkan Universitas Haluleo (Unhalu) dengan memperoleh nilai tertinggi (A) setelah mengikuti program pendidikan Internasional yakni pertukaran mahasiswa antara Unhalu dengan Universitas MIE, salah satu universitas terkemuka di negeri sakura Jepang.

Kelima mahasiswa Unhalu yang telah megikuti pertukaran mahasiswa antar negera tersebut yakni Feni Mariana fakultas FISIP/Humanities, Law and Eonomics prodi Komunikasi, Iin Mutmainnah fakultas keguruan dan ilmu pengetahuan (FKIP) prodi Bahasa Inggris/Education, Andi Hafni Dirgahayu Majid fakultas Teknik/Engineering prodi Teknik Infromasi, Fachrur Razy Rahman fakultas Teknik/engineering prodi Teknik Elektro dan Asniatih fakultas Perikanan/Bioresources prodi BDP (Budidaya Perairan).

Pembantu Rektor V Unhalu, Dr Ir Yulius B. Pasolong, MAGR di dampingi Sekertaris Rektor Unhalu, Prof Dr Ir La Karimuna, M.Sc saat bersilaturahmi dengan kelima duta Unhalu dan Insan Pers Jum’at (21/9) mengatakan, mahasiswa Unhalu yang mengikuti study selama satu tahun di Jepang ini mulai Oktober 2011 higga September 2012. Katanya ini merupakan mahasiswa yang berprestasi dan telah memenuhi syarat dan kriteria yang ditetapkan oleh Universitas MIE, Jepang.

“Kami sangat mengapresiasi keseriusan dan keteguhan mereka yang selama menimba ilmu di Jepang dengan kondisi dana yang sangat minim mampu bersaing dengan seluruh mahasiswa yang ikut dalam program Internasional ini termasuk mahasiswa local Universitas MIE karena salah satu dari kelima mahasiswa kami ini atas nama Iin Mutmainnah mampu mengukir prestasi dengan nilai Excellent atau rata-rata nilai tertinggi yaitu A, ”ujarnya.

Untuk itu, pihak Unhalu akan mengupayakan untuk memberikan beasiswa kepada kelima mahasiswa tersebut untuk melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang Starata Dua (SII) atas rekomendasi rector apabila mereka tetap mempertahankan prestasinya dengan memenuhi dua syarat yaitu IPK akhir minimal 3,0 dan menyelesaikan studi di Unhalu.

Prof La Karimuna menambahkan, bahwa Unhalu juga bersedia memberikan kesempatan kepada mereka untuk mengabdi di Unhalu sebagai dosen dengan ketentuan harus memenuhi syarat IPK minimal 3,0 dan telah menyandang S2. Hal yang sama berlaku bagi seluruh alumni Unhalu jika memenuhi syarat tersebut.

Ia menambahkan, kerjasama dengan Universitas MIE ini juga selain dalam hal pertukaran mahasiswa, juga bertujuan untuk membuka peluang kerjasama dalam aspek lain, misalnya pengembangan budaya local di Indonesia khususnya Sultra maupun dalam bentuk pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan di universitas.

“Bukan hanya Unhalu yang telah mengirimkan mahasiswanya untuk studi di Jepang, tetapi kami juga beberapa kali menerima mahasiswa maupun dosen dari delapan universitas yang bekerjasama dengan Unhalu dalam hal pengembangan penelitian di Unhalu yang berkaitan dengan kebudayaan local, ”terang Prof Karimuna.

Mewakili ke empat rekanya, Fachrur Razy kepada Media Sultra mengucapkan banyak terimah kasih kepada Rektor Unhalu dan seluruh civitas akademika Unhalu yang telah memberikan kesempatan kepada mereka untuk menimba ilmu serta mengembangkan wawasan keilmuan di Negara maju tersebut.

“Kami sangat bersyukur dapat mewakili Unhalu ke Jepang, dan di Jepang sangat banyak pengalaman dan ilmu yang kami dapatkan dan Insya Allah dapat kami implementasikan di Unhalu dan untuk bangsa Indonesia, ”katanya. [ton]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA