Selasa, 21 Oktober 2014
Follow Us: Facebook twitter
Kapal Terbakar, Ratusan Penumpang Dievakuasi
Headline
Foto : Ilustrasi
Oleh: Berita Khatulistiwa
sindikasi - Jumat, 29 Juni 2012 | 04:10 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Pontianak - KM Satya Kencana III yang berlayar dari pelabuhan Tanjung Emas Semarang mengalami kebakaran ketika memasuki perairan Sungai Kapuas menuju Pelabuhan Dwikora Pontianak, Kamis (28/6) pagi. Kobaran api berasal dari car deck area. Akibatnya, ratusan penumpang dievakuasi bahkan sebagian terjun ke sungai.

Kelasi yang saat itu sedang bertugas mempersiapkan proses bongkar muat kendaraan dengan sigap langsung membunyikan alarm kebakaran di area car deck dan diteruskan ke anjungan kapal. Nahkoda yang menerima laporan langsung membunyikan sirine tanda bahaya. Seketika Sijil (suatu daftar yang berisi tugas masing-masing individu di kapal) terbentuk.

Setelah itu Nahkoda segera melaporkan situasi yang dialami ke stasiun pantai dan management Perusahaan PT. Dharma Lautan Utama. Nahkoda melalui staf layanan jasa memerintahkan kepada semua penumpang untuk tidak panik dan memperlihatkan petunjuk serta arahan dari ABK KM Satya Kencana III.

Saat ABK KM Satya Kencana III sedang berusaha memadamkan api, tampak beberapa orang penumpang kapal berlarian di sekitar railling kapal. Mereka panik dalam hiruk pikuk suasana yang menegangkan tersebut. Karena kurang berhati-hati, beberapa penumpang kapal bahkan terjatuh ke laut.

Beruntung kejadian itu diketahui ABK KM Setya Kencana III. Dengan sigap melempar life buoy yang telah dilengkapi dengan tali penyelamatan dan smoke signal untuk penandaan korban. "Ada orang jatuh ke laut," teriaknya sambil berlari kencang menuju anjungan.

Tim sekoci pun turun mengevakuasi korban dan melaporkan pada stasiun pantai agar korban dibawa ke dermaga pelabuhan terdekat. Selama proses evakuasi korban berlangsung, tim Sijil kebakaran masih terus beraksi untuk memadamkan kebakaran yang menimpa KM Satya Kencana III. Menggunakan alat keselamatan yang tersedia di kapal. Karena proses pemadaman api masih berlangsung maka dengan sigap Nahkoda memerintahkan seluruh crew kapal memepersiapkan evakuasi penumpang mempertimbangkan keselamatan jiwa di laut.

Situasi diatas bukanlah kejadian sebenarnya. Melainkan salah satu rangkaian simulasi dalam kampanye penyelamatan pelayaran dalam rangka Hari Pelaut Sedunia. Dalam simulasi, selain melibatkan pangkalan KPLP Pelabuhan Dwikora Pontianak melalui armada KN 341, 316 dan 322 juga melibatkan KPLP Tanjung Priok yang menerjunkan armada KN 206 dan 207.

Sementara itu Direktur Jendral Perhubungan Laut, Leon Muhammad mengatakan, penyebab terjadinya kecelakaan pelayaran ada beberapa faktor. Selain human error, kondisi alam juga sagat signifikan mempengaruhi terjadi musibah kecelakaan. Untuk itu pihaknya menghimbau kepada seluruh Nahkoda kapal untuk senantiasa waspada.

"Ini merupakan salah satu simulasi penyelamatan dalan pelayaran, diharapkan seluruh elemen di dalam kapal bisa melaksanakan hal tersebut sesuai petunjuk," jelasnya. [ton]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA