Kamis, 28 Agustus 2014
Follow Us: Facebook twitter
Penjualan Kendaraan di Kolaka Menurun
Headline
Inilah.com
Oleh: Media Sultra
sindikasi - Rabu, 27 Juni 2012 | 02:47 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Kolaka - Peraturan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (Permen ESDM) nomor 7 tahun 2012 ternyata bukan hanya berdampak pada perusahaan tambang, tapi berpengaruh pada penjualan kendaraan di Kolaka.

"Terbitnya Permen ESDM nomor 7 berpengaruh pada penjualan kendaraan roda dua dan empat di Kabupaten Kolaka, "kata kepala cabang Suzuki Kolaka, Linto,SE, Senin(25/6).

Menurut Linto, sebelum Permen ESDM nomor 7 keluar, dalam sebulan mereka bisa menjual hingga 300 unit sepeda motor. Namun setelah Permen keluar, dalam 3 bulan terakhir ini mereka sulit menjual 200 unit motor dalam sebulan.

"Sekarang ini susah untuk terjual 200 unit motor sebulan. Selain itu pengaruh keluarnya Permen ESDM nomor 7 banyak kendaraan yang ditarik karena mereka tidak mampu melanjutkan cicilannya, disebabkan sudah tidak memiliki pekerjaan, "ungkapnya.

Menurut Linto, banyaknya motor cicilan yang ditarik disampaikan oleh lising yang bekerjasama dengan Suzuki Kolaka, karena memang pihak Suzuki Kolaka tidak menerima penjualan dalam bentuk cicilan tapi langsung lunas. Terdapat beberapa lising yang bekerjasama dengan Suzuki yang memberikan cicilan kepada pelangan seperti Adira dan Mandala.

Tak lupa Linto menyampaikan bahwa berdasarkan Permen Keuangan yang keluar pada tanggal 15 Juni 2012, tidak ada lagi cicilan kendaraan tanpa uang muka, tapi uang muka dikenakan 20 persen dari harga kendaraan. Peraturan ini dibuat karena banyaknya kendaraan yang keluar setiap waktu disebabkan uang muka yang ringan, sementara luas jalan tidak bertambah.

"Kalaupun ada kebijakan perusahaan menurunkan uang muka, paling tidak sebatas 17 persen dari harga kendaraan dan tidak akan mungkin sampai 15 persen. Kalau ini dilanggar maka akan diberikan sanksi. Kelebihan kalau uang muka 20 persen juga memudahkan masyarakat dalam pembayaran cicilan setiap bulan karena tidak terlalu besar nilainya, “ungkap Linto. [ton]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA