Rabu, 1 Oktober 2014
Follow Us: Facebook twitter
Investor Siapkan Tiga Kapal Pengeruk Lumpur
Headline
IST
Oleh: Media Sultra
sindikasi - Selasa, 12 Juni 2012 | 03:35 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Kendari - PT Permata Kendari Metropolitan, investor yang akan melakukan pengerukan lumpur Teluk Kendari akan menyediakan tiga unit kapal pengeruk.

Tiga unit kapal tersebut akan tiba di Kota Kendari pada 22 Juni 2012 dan langsung beroperasi. Namun, sebelum kapal itu beroperasi, perusahaan tersebut akan fokus membangun talud atau dinding penahan di teluk itu.

"Talud tersebut akan dibangun dengan jarak 200 meter dari pinggir pantai dengan panjang mencapai 1 kilo meter lebih, "kata Direktur Utama PT Permata Kendari Metropolitan, Muhammad Samaruddin Toyib kepada Media Sultra, Senin (11/6/2012).

Di talud itulah, semua hasil pengerukan lumpur akan ditampung dan dijadikan daratan. Pembangunan talud sendiri akan dimulai pada 14 Juni 2012 dimana Gubernur Sultra Nur Alam dan Walikota Kendari Asrun akan meletakkan batu pertama pembangunan talud.

Muhammad Samaruddin mengatakan, setelah hasil sedimentasi tersebut dibuat menjadi daratan, maka itu akan menjadi asset Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari. Pihaknya pun berencana menanamkan investasi untuk membangun di kawasan talud tersbut bekerjasama dengan Pemkot Kendari.

"Nantinya kita akan buat perjanjian melalui Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kota Kendari untuk jangka panjang. Termasuk kesepakatan soal sistem bagi hasil, " katanya.

Rencananya, ditempat tersebut pihaknya akan membuat tempat pariwisata, sport center, dan perumahan. "Terkait anggaran pembangunannya mulai dari pengerukan maupun revitalisasi yang ada di Teluk Kendari ini bersumber dari perusahaan kami sendiri, ”paparnya.

Ia mengaku, niat untuk mengeruk lumpur di Teluk Kendari bukannya tanpa alasan. Menurutnya, Teluk Kendari, sangat potensial untuk dijadikan kawasan komersial.

“Kita berharap dukungan dari semua masyarakat. Nantinya, kalau pengerukan ini sudah selesai, kita akan membuka kesempatan kepada perusahaan lain untuk mengelola. Kalau misalnya tidak ada, kami siap untuk membangun di dalam talud tersebut, ” paparnya. [gus]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA