Senin, 24 November 2014
Follow Us: Facebook twitter
Harga Beras di Batam Masih Tinggi
Headline
inilah.com/Agus Priatna
Oleh: Haluan Kepri
sindikasi - Kamis, 12 April 2012 | 04:50 WIB

INILAH.COM, Batam - Harga beras di Batam masih tinggi. Alasannya, agen penyalur beras lokal belum menurunkan harga.

Sebagaimana diketahui, sejumlah daerah penghasil beras saat ini sedang memasuki musim panen raya. Akibatnya, harga beras di Pasar Induk Cipinang, Jakarta turun harga. Sementara, harga beras di Batam belum turun, meskipun agen beras di Batam mengambil beras lokal dari Pasar Cipinang, Jakarta.

Pedagang sembako di Pasar Mitra Raya Batam Centre, Memet, mengatakan harga beras lokal di kedainya masih belum turun. Hal itu karena ia masih menjual stok beras lama, dan beras baru yang didapatkan dari agen juga masih harga lama.

"Hanya beberapa merek tertentu saja yang turun, untuk yang lainnya harganya masih sama, tidak ada perubahan," kata Memet ditemui di Toko Indah miliknya, Rabu (11/4).

Disebutkannya, beras yang mengalami penurunan harga yaitu beras standar, seperti lok merah dan rambutan. Biasanya beras lok merah maupun Rambutan dijual dengan harga Rp190 ribu per karung, kini turun menjadi Rp180 ribu per karung.

"Kemungkinan baru akan turun semua dua minggu kedepan, setelah stok baru masuk. Kita masih menunggu dari agen," ujar Memet.

Sementara, kebutuhan sembako lainnya, yaitu telur mengalami penurunan harga dari Rp29 ribu menjadi Rp26 ribu per papan. Harga minyak goreng naik dari Rp10 ribu menjadi Rp11 ribu per kilogram. Minyak goreng kemasan naik dari Rp11 ribu menjadi Rp12 ribu per kilogram. Di perkirakan, harga minyak goreng masih akan naik hingga Rp13 ribu per kilogram.

"Naiknya harga minyak curah, secara otomatis diikuti juga oleh minyak goreng kemasan," ujar Memet.

Hal senada juga disampaikan Adim, pedagang di pasar Mitra Raya Batam Centre. Menurutnya belum semua harga beras turun. "Hanya beberapa merek beras saja yang turun yang lainnya harganya masih sama," kata Adim penanggung jawab Toko grosir Bright & Prosperity Star di Pasar Mitra Raya Batam Centre, Rabu (11/4).

Adapun yang mengalami penurunan harga, yaitu beras bumi ayu dan harum biru, turun harga dari Rp250 ribu menjadi Rp248 ribu per karung (25 kg). "Saat ini kita belum ada mendapatkan informasi dari agen untuk beras apa lagi yang akan turun," ujarnya.[dit]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA