Kamis, 24 April 2014
Follow Us: Facebook twitter
Indonesia Raih Perunggu Sepak Takraw Dunia
Headline
foto:ilustrasi
Oleh: BeritaPagi Palembang
sindikasi - Senin, 27 Februari 2012 | 08:25 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Palembang - Kegagalan Indonesia maju ke final Kejuaraan Sepak Takraw Dunia ISTAF Super Series II, terbayar. Tim putra Indonesia mendapat titel pelipur lara dengan meraih peringkat ketiga usai mengalahkan Korea Selatan 3-1 (15-12, 13-15, 15-6, 15-11).

Sayangnya, sukses ini gagal diikuti tim putri, yang harus puas bertengger di peringkat keempat usai dikalahkan Vietnam 1-3 (15-12, 12-15, 15-7, 15-12). Kendati demikian, hasil ini sudah lebih baik lantaran pada tahun lalu, tim putri Indonesia hanya mampu berada di urutan kesepuluh.


Gelar juara jatuh ke tangan Thailand yang kembali mengawinkan titel. Tim putra Negeri Gajah Putih menumpas Malaysia 3-0, sedangkan tim putrinya dengan susah payah menyudahi perlawanan Korsel dengan skor 3-1 (15-11, 17-15, 15-5, 15-10).

Atas kemenangan tersebut, tim putri Thailand berhak mendapatkan hadiah uang tunai US$2000, yang diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan H. Alex Noerdin. Sementara tim putranya hadiah uang US$4000. Semifinalis putra mendapat US$1500 dan semifinalis putri US$900.

Bertanding di Palembang Sport and Convention Center, Minggu (26/2), tim putra Indonesia yang mendapat dukungan penuh ribuan suporter, langsung mendominasi permainan di set pertama. Poin demi poin didapat dari servis. Namun, Korsel tak semudah itu ditaklukkan. Tim Negeri Ginseng mampu memberikan perlawanan alot.

Set pertama akhirnya dimenangi Indonesia dengan skor 15-12 atas Korea. Korsel bangkit di set kedua. Blunder yang kerap dilakukan pemain tuan rumah membuat Indonesia sempat tertinggal 7-12. Novrizal cs pun dipaksa tunduk 13-15.

Di set ketiga, Indonesia balik mendikte permainan Korsel dan akhirnya menang mudah 15-6. Di set penentuan, Tim Merah Putih begitu bernafsu mengakhiri laga dengan kemenangan. Korsel yang tak mau kalah, terus memberikan perlawanan gigih.Akhirnya suporter pun bersorak gembira melihat Indonesia menutup laga dengan kemenangan 15-11.

Pelatih Timnas Indonesia Setyo Budi mengaku puas dengan hasil ini. Menurutnya, kunci sukses anak asuhnya adalah bermain tanpa beban.

“Di set kedua kita melakukan lima kali foul padahal sudah tertinggal angka, akhirnya mental anak sedikit down. Korea terus mengejar dan menang. Tapi, di set ketiga anak- anak kembali bermain tanpa beban, sehingga menang mudah,” kata Setyo.

Ia menilai performa anak asuhnya sudah bagus, tapi memang pertahanan yang perlu dibenahi, terutama di tim putri. "Hasil pertandingan ini akan menjadi bahan evaluasi kita ke depan," tukasnya.

Klasemen Akhir Istaf Super Series

Putra
Peringkat 1 Thailand
Peringkat 2 Malaysia
Peringkat 3 Indonesia
Peringkat 4 Korea Selatan
Peringkat 5 Brunei Darussalam
Peringkat 6 Jepang
Peringkat 7 Singapura
Peringkat 8 USA
Peringkat 9 Taiwan

Putri
Peringkat 1 Thailand
Peringkat 2 Korea Selatan
Peringkat 3 Vietnam
Peringkat 4 Indonesia
Peringkat 5 Malaysia
Peringkat 6 Jepang

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.