Jumat, 31 Oktober 2014
Follow Us: Facebook twitter
Tim Sepak Takraw Indonesia Kandas di Semifinal
Headline
IST
Oleh: BeritaPagi Palembang
sindikasi - Minggu, 26 Februari 2012 | 08:35 WIB

INILAH.COM, Palembang - Perjuangan petakraw putra dan putri Indonesia hanya sebatas semifinal pada kejuaraan Internasional Sepak Takraw Federation (ISTAF) World Super Series 2012/2013.

Tim putra dipecundangi juara bertahan Thailand dengan skor telak 3-0 (15-6, 15-10, 15-3). Tim putri tuan rumah harus mengakui ketangguhan Korea Selatan juga dengan skor 3-0 (15-4, 15-5, 15-12).

Bertanding di Palembang Sport dan Convention Center (PSCC), Sabtu (25/2), petakrawa putra Indonesia tidak bisa berbuat banyak menghadapi tim kuat Thailand.

Tanda-tanda kekalahan skuad Merah Putih bahkan sudah terlihat di awal set pertama. Servis dan smes keras Thailand kerap membuat kewalahan tuan rumah. Indonesia pun takluk 5-15.

Indonesia mencoba bangkit di set kedua. Namun demikian, Tim Garuda yang bermaterikan Novrizal, Syamsul Rizal, dan Viktor, tetap saja takluk 10-15.

Thailand yang menurunkan formasi Sakha Siriwat, Pattarapong Yupadee dan Pornchai Kaokaew tidak terbendung lagi di set ketiga dan mampu tampil dominan.

Set ini ditutup dengan skor telak 15-3. Hanya butuh waktu 10 menit untuk Thailand menyelesaikan set ketiga sekaligus memastikan langkah ke final.

Gagal ke final, Indonesia masih punya kesempatan meraih titel pelipur lara, yakni perebutan tempat ketiga. Tim putri akan berhadapan dengan Vietnam sementara Tim putra akan bertemu Korea.

Di pertandingan final, Minggu (26/2) hari ini, tim putra Thailand akan bersua Malaysia, sementara di nomor putri, Thailand bertemu Korsel.

Pelatih Timnas Indonesia Setio Budi mengaku belum puas dengan hasil yang diperoleh terutama untuk tim putra yang ditargetkan tembus ke final. Pasalnya, kualitas pemain Indonesia mampu bersaing. Namun saat laga penentu juara grup banyak terjadi blunder, hingga tumbang oleh Malaysia dan harus berhadapan dengan tim juara di semifinal.

"Kita akui Thailand masih unggul. Ini akan menjadi pelajaran untuk kita agar tampil lebih baik ke depan,” jelasnya.

Sementara untuk tim putri sudah cukup baik setidaknya mampu memperbaiki peringkat delapan besar di musim lalu.

"Sebelumnya, putri kita pernah mengalahkan Korea di Asian Games Ghuang Zhou dan Kings cup Thailand 2010 lalu. Sayangnya dipertandingan ini kita belum maksimal," tuturnya.

Manajer tim sepak takraw, Hendri Zainuddin mengakui kekalahan ini lebih karena perbedaan kualitas teknik dan strategi. Thailand masih di atas atlet Indonesia.

"Thailand masih menjadi yang terkuat untuk cabang olahraga sepak takraw baik putra maupun putri. Gagal di semi final akan menjadi pelajaran berharga bagi atlet kita untuk berusaha lebih keras pada kejuaraan berikutnya," timpalnya.

Malaysia Ke Final

Sementara itu, tim sepak takraw putra Malaysia memastikan diri melaju ke babak final Kejuaraan International Sepak Takraw Super Series. Pada babak semifinal tim negeri jiran itu mengalahkan tim Korea Selatan dengan skor 3-0 (15-13, 15-8 dan 15-12)

Pelatih Malaysia, Amaluddin bin Hassan, sejak awal set pertama menurunkan para pemain yang sama ketika mengalahkan Indonesia. Ketiga pemain yang selalu diturunkan sejak awal adalah Farhan bin Adam, Mhm Fadil bin Mohd Asri, dan Norshahruddin bin Mad Ghani.

Tim Korsel yang diasuh Kim Jong Uhn, bukannya tanpa perlawanan. Pada set pertama mereka memberikan perlawanan cukup ketat dan hanya kalah dua angka dari Malaysia.

Sementara, pada set ketiga, saat mereka tertinggal dua angka, sang kapten Jeong Weon Duk, mengalami cedera. Meski masih terus bermain, dia terlihat menahan nyeri.

Usep Sapruddin, Ketua Harian PB Persatuan Sepak Takraw Seluruh Indonesia (PSTI), mengatakan, penampilan Malaysia sedang bagus-bagusnya. Mereka tidak ada beban. [mor]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA