Selasa, 23 September 2014
Follow Us: Facebook twitter
Pembangunan Fly Over Banjarmasin Dimulai Juni
Headline
inilah.com/Wirasatria
Oleh: Media Kalimantan
sindikasi - Kamis, 9 Februari 2012 | 02:50 WIB

INILAH.COM, Banjarmasin - Pemprov Kalsel akan memulai pembangunan jembatan layang (fly over) yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani KM 3,5 depan Pasar Pandu membentang hingga IAIN Antasari Banjarmasin, Juni 2012.

Ia mengungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kalsel Arsyadi, megaproyek jembatan layang dengan panjang 400,4 meter dan lebar 15,5 meter dengan empat lajur jalan, serta menggunakan tiang tunggal tersebut memakan dana Rp150 miliar.

Ia mengakui, jembatan layang yang pembangunannya menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) itu, sekarang masih dalam tahap lelang.

“Desain yang kita buat, panjang jembatan 1,2 KM dan dana pembangunan sebesar Rp 300 miliar. Namun, oleh pemerintah pusat, jembatan layang pertama di Kalsel ini disamakan dengan di Jawa dan panjangnya cukup 400,4 meter saja dan dananya Rp 150 miliar,” jelas Arsyadi usai mengikuti Coffee Morning di lingkungan Pemprov Kalsel, Rabu (8/2).

Disinggung apakah panjang jembatan layang tersebut cukup untuk mengatasi kemacetan di Banjarmasin, Arsyadi mengaku, berdasarkan penelitian dari pemerintah pusat, dengan panjang 400,4 meter tersebut cukup ideal.

“Kemiringan jembatan mencapai 4 derajat. Sesuai prosedur pembangunan jembatan layang di Indonesia, ukuran ini telah mampu dilewati mobil besar. Jadi, itu sudah ideal,” ucapnya.

Rencananya, beber Arsyadi, pembangunan jembatan ini menggunakan sistem tahun jamak (multiyears) selama tiga tahun.

“Kami merencanakan pembangunan jembatan layang tersebut selama 720 hari atau dua tahun. Jadi, pada 2014 mendatang, masyarakat Kalsel bisa menikmati jembatan layang itu,” beber Arsyadi.

Namun Arsyadi tidak bisa membeberkan bagaimana cara pengaturan lalu lintas di kawasan itu, apabila pembangunan jembatan layang dimulai.

“Setiap pembangunan pasti ada efek sampingnya. Kita lihat bagaimana pengaturan lalu lintas di lokasi itu apabila pembangunannya telah dimulai. Nantinya, kami akan berkoordinasi dengan instansi terkait, khususnya kepolisian dan Pemkot Banjarmasin,” pungkasnya. [mor]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA