Kamis, 18 September 2014
Follow Us: Facebook twitter
19 Negara Bahas Satelit Pengindraan Jarak Jauh
Headline
IST
Oleh: Fajar Bali
sindikasi - Selasa, 31 Januari 2012 | 00:40 WIB

INILAH.COM, Kuta - Sedikitnya 19 negara di dunia, operator stasiun bumi Landsat (satelit pengindraan jarak jauh), bertemu di Kuta, Bali mulai Senin (30/1/2012).

Menurut Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Bambang S. Tedjakusuma, pertemuan ini untuk membahas persiapan peluncuran Landsat VIII yang direncanakan pada akhir tahun ini.

Pertemuan ke-40 negara-negara operator stasiun bumi Landsat atau The 40th Ground Stasion Operators Working Group (LGSWOG) ini berlangsung hingga 3 Februari 2012.

Kata Bambang, data Landsat ini sangat penting bagi pengelolaan lingkungan dan tata ruang di seluruh wilayah Indonesia.

"Landsat adalah satelit penginderaan jauh milik Amerika Serikat dengan misi memperoleh citra bumi di luar angkasa. Sejak pertama kali diluncurkan 1972, satelit tersebut telah menghasilkan jutaan citra yang disimpan dalam stasiun bumi penerima di seluruh dunia," katanya.

Data dari citra landsat ini telah digunakan oleh negara-negara di dunia. Di Asia, hanya lima negara yang menerima data dari Landsat, yakni Indonesia, China, Thailand, Taiwan, dan India; termasuk Australia.


Bambang mengatakan, semua negara di dunia sangat tergantung pada satelit tersebut untuk digunakan sebagai bahan penelitian di berbagai bidang ilmu seperti pertanian, kehutanan, perencanaan wilayah sampai sumber daya alam lainnya.

"Sebagai contoh, satelit ini dapat memantau kondisi hutan bakau yang ada di wilayah Pulau Dewata, begitu juga di daerah lainnya di Indonesia," ujarnya sambil memperlihatkan citra landsat lahan bakau di Bali dari 2001 yang tampak kosong namun samapi 2010 sudah cukup penuh. [mor]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA