Sabtu, 1 November 2014
Follow Us: Facebook twitter
Rapat Koordinasi Perayaan Imlek
Larang Atraksi Tatung
Headline
inilah.com/Agus Priatna
Oleh: Berita Khatulistiwa
sindikasi - Jumat, 20 Januari 2012 | 00:40 WIB

INILAH.COM, Pontianak - Polresta Pontianak melarang atraksi tatung dihadirkan dalam memeriahkan perayaan Cap Go Meh 2563 di wilayah Kota Pontianak.

Perayaan akan berlangsung 15 hari setelah Imlek. Maka apabila ada tatung ikut serta dalam perayaan tersebut, akan ditertibkan.

“Aturan larangan atraksi tatung sama seperti perayaan Cap Go Meh di tahun sebelumnya. Kalau ada tatung yang melakukan atraksi, akan kami tertibkan,” ujar Kapolresta Pontianak Kombes Pol Muharrom Riyadi saat memimpin Rapat Koordinasi perayaan Imlek atau Tahun Baru China dan Cap Go Meh 2563 bersama muspida dan tokoh masyarakat Tionghoa Pontianak, Kamis (19/1).

Ia menegaskan, masyarakat dilarang menyimpan dan membunyikan petasan dalam bentuk apapun.

“Bunyikanlah kembang api dengan sewajarnya saja. Jangan berlebihan serta jangan sampai seperti perang kembang api, kalau ada yang demikian kami tidak segan-segan untuk menindaknya,” kata Muharrom.

Polresta Pontianak dalam pengamanan Imlek dan Cap Go Meh mengerahkan 645 personel. Ada sebanyak 12 personel dalam pengamanan melekat pada setiap tujuh naga dari yayasan pemadam kebakaran yang telah ditunjuk oleh Panitia Perayaan Cap Go Meh tahun 2012.

Selain itu, Polresta Pontianak juga mendirikan 9 pos pengamanan perayaan Tahun Baru China dan Cap Go Meh tahun 2012.

Wakil Wali Kota Pontianak Paryadi menyatakan, atraksi tatung dilarang pada perayaan Cap Go Meh di Kota Pontianak karena dinilai menampilkan sadisme. Sehingga tidak layak untuk dipertontonkan dimuka umum.

“Apalagi sampai dilihat anak-anak, khawatir nanti mereka malah meniru adegan itu,” ujarnya seraya menambahkan, banyak masyarakat Kota Pontianak yang menolak atraksi tatung.

Sementara itu, Ketua Paniti Perayaan Cap Go Meh tahun 2012 dari Yayasan Bhakti Suci Pontianak Yonguan Cua menyatakan, tidak mempermasalahkan dilarangnya atraksi tatung di Kota Pontianak dalam perayaan Cap Go Meh.

“Kami memang tidak membuka pendaftaran untuk atraksi tatung pada perayaan Cap Go Meh,” katanya. [mor]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA