Senin, 24 November 2014
Follow Us: Facebook twitter
30 Ekor Sapi Tewas Akibat SURA
Headline
inilah.com/Dok
Oleh:
sindikasi - Sabtu, 14 Januari 2012 | 02:50 WIB

INILAH.COM, Dharmasraya - Penyakit SURA mulai mewabah di Nagari Koto Tinggi, Sitiung IV, Kabupaten Dharmasraya. 30 ekor sapi diduga sudah tewas akibat wabah tersebut.

Menurut Walinagari Koto Tinggi, Kecamatan Koto Besar, Kabupaten Dharmasraya, Andes, penyakit mematikan tersebut sudah menyerang wilayahnya sejak dua bulan lalu. Berbagai hal sudah dilakukannya bersama tenaga kesehatan dari Dinas Peternakan. Namun wabah SURA tersebut terus menyerang.

Sapi-sapi yang mati tersebut, adalah sapi yang dipelihara oleh kelompok melalui Kelompok Usaha Peternak Sapi (KUPS). Selain itu, ada juga sapi milik peternak pribadi di luar kelompok dan juga sapi liar.

Upaya yang sudah dilakukannya, bersama tenaga penyuluh dan kesehatan hewan, pihaknya telah mengumpulkan para petani ternak di Kantor Walinagari Koto Tinggi, guna memberikan penyuluhan terkait wabah SURA. Namun penyakit itu terus menjalar yang ditandai dengan tingginya tingkat kematian sapi di wilayahnya. ”Kejadian ini sudah kami laporkan ke Disnakkan Dharmasraya,” tambahnya.

Menurut Andes, wabah tersebut tidak akan bisa berhenti hanya dengan penyuluhan saja. Seharusnya segera disediakan vaksin untuk mengatasi penyakit tersebut agar tidak menjalar ke sapi yang lain.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Dharmasraya yang coba dikonfirmasi tentang masalah ini, sedang tidak berada di tempat. Konon, yang bersangkutan sedang turun ke lapangan. Namun salah seorang stafnya, ketika ditanya tentang hal itu mengatakan bahwa angka kematian sapi akibat penyakit SURA sekitar 21 ekor sapi. Angka tersebut berdasarkan hasil tes labor, dimana sampel darah sapi tersebut sebelumnya dibawa ke labor di Bukittingi.

Sumber lain pada dinas itu mengatakan bahwa tim dari labor Bukittingi juga sudah turun. Sementara tim dari Dinas Peternakan Provinsi Sumbar juga akan turun ke Dharmasraya guna melihat langsung ke lapangan.

Penyakit SURA adalah penyakit yang terdapat pada sapi. Virusnya memakan sel-sel darah merah. Akibatnya fisik sapi melemah karena selera makan sapi yang terserang viruis tersebut hilang. Akhirnya sapi mati. Penyakit itu selama ini belum pernah ada di Dharmasraya. Namun dua bulan terakhir ini mulai muncul. Diduga akibat sapi yang masuk ke Dharmasraya kurang terpantau kesehatannya. Padahal Dharmasraya sedang gencar-gencarnya menggalakkan peternakan sapi.

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA