Kamis, 2 Oktober 2014
Follow Us: Facebook twitter
KPU Kendari Temukan Kelebihan Data Pemilih
Headline
Oleh: Media Sultra
sindikasi - Sabtu, 14 Januari 2012 | 02:00 WIB

INILAH.COM, Kendari - Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari Hidayatullah mengakui, pihaknya banyak menemukan kelebihan data pemilih yang diusulkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kendari.

Kelebihan itu ditemukan setelah data pemilih yang diusulkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil diolah dalam sebuah software bernama DCP Tools. Alat ini digunakan untuk menganalisa semua data pemilih baik alamat, usia, nama serta tempat tinggal pemilih.

“Dari analisa itu, banyak data pemilih yang nama, usia jenis kelamin dan tempat tinggalnya sama. Sehingga ini kita anggap sebagai data yang double. Selain itu, kita juga banyak menemukan kelebihan data pemilih,” paparnya saat ditemui Media Sultra di Kendari, Jumat (12/1).

Menurutnya, data pemilih yang dimasukkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Kendari berjumlah 230.152 orang. Setelah diolah dalam software tersebut, pihaknya menemukan data pemilih lebih dari jumlah tersebut. Hanya saja, Hidayatullah belum mau menyebut berapa kelebihan data dimaksud.

“Nanti akan kita sampaikan dalam konferensi pers. Yang jelas, data pemilih itu banyak yang lebih. Diduga, lebihnya data pemilih ini karena data yang dimasukkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ada yang tidak terhitung,” paparnya.

Namun Hidayatullah yakin, kelebihan data pemilih tersebut bukan kesalahan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil melainkan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) dari dinas tersebut belum bisa mendeteksi secara menyeluruh jumlah pemilih.

Menykapi kelebihan data pemilih itu, pihaknya akan melakukan verifikasi faktual di lapangan mengenai jumlah pemilih. [mor]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA