Senin, 24 November 2014
Follow Us: Facebook twitter
FSPMI Akan Dirikan Pos Pengaduan UMK
Headline
inilah.com
Oleh: Haluan Kepri
sindikasi - Selasa, 3 Januari 2012 | 02:10 WIB

INILAH.COM, Mukakuning - Guna memonitor penerapan Upah Minimum Kota (UMK) Batam tahun 2012, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kota Batam akan mendirikan sejumlah pos pengaduan.

Pendirian pos itu diperuntukkan bagi karyawan yang tidak mendapatkan UMK sebagaimana yang telah ditetapkan, yakni Rp1.402.000, dan juga masalah perburuhan lainnya.

"Pos pengaduan ini rencananya akan didirikan di kawasan Batamindo atau Panbil pada pertengahan Januari," ujar Koordinator Garda Metal FSPMI Kota Batam, Suprapto ditemui di Kawasan Industri Batamindo Mukakuning, Senin (2/1).

Bagi karyawan perusahaan di Batam yang belum menerima realisasi pembayaran gaji sesuai dengan UMK 2012, Suprapto mengimbau agar melaporkannya ke posko tersebut. Dari laporan yang disampaikan para karyawan, akan menjadi sarana bagi FSPMI Kota Batam untuk menindaklanjutinya.

Jika masih terdapat perusahaan yang belum membayarkan upah karyawan sesuai dengan UMK terbaru, maka serikat serikat pekerja akan meminta penjelasan kepada pihak perusahaan karena sudah mengabaikan hak-hak normatif yang seharusnya diterima karyawan.

"Kalaupun harus menunda pembayaran ataupun tidak mampu membayar sesuai UMK 2012, tentunya ada laporan perusahaan yang disampaikan ke Dinas Tenaga Kerja," ujarnya.

Menurut Suprapto, pihak serikat pekerja akan mengawal penerapan UMK 2012 tersebut pada perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Batam. Karena perjuangan yang dilakukan serikat pekerja tidak hanya pada penetapan UMK semata, namun juga realisasi dan pelaksanaannya terhadap karyawan.

"Kita akan monitor nanti pembayaran gaji karyawan pada akhir Januari ataupun awal Februari 2012," imbuhnya. [mor]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA