Sabtu, 20 September 2014
Follow Us: Facebook twitter
Penyerapan APBN Tidak Maksimal
DIPA Batam Rp711,66 Miliar
Headline
Foto: Ilustrasi
Oleh: Haluan Kepri
sindikasi - Sabtu, 24 Desember 2011 | 02:20 WIB

INILAH.COM, Batam Center - Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Batam menyerahkan Dokumen Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2012 untuk Satuan Kerja yang berlokasi di Kota Batam dan Kabupaten Karimun yang menjadi mitra kerja KPPN Batam, Jumat (23/12) di gedung Pemko Batam. Kota Batam mendapat nilai pagu Rp711,66 miliar, sedangkan Karimun Rp215,18 miliar.

Pada kesempatan itu, Kepala KPPN batam Fauzi Syamsuri mengatakan, untuk penyerapan Anggaran Pendapatan Belanja Negaran (APBN) yang disalurkan oleh KPPN Batam ditahun 2011, tidak mampu diserap maksimal oleh Satuan Kerja yang menerima.

"Untuk penyerapan APBN tahun 2011 tidak optimal ," kata Fauzi Syamsuri.

Menurut Fauzi, tidak maksimalnya penyerapan APBN cukup memprihatinkan. Hal ini bukan hanya terjadi di Batam, namun juga secara nasional. Selain itu, pola penyerapan anggaran yang menumpuk di akhir tahun juga menjadi persoalan tersendiri.

Satuan Kerja berbondong-bondong mencairkan dana pada akhir tahun, sehingga petugas KPPN dan Satuan Kerja harus bekerja ekstra untuk menyelesaikan tagihan ke negara yang harus segera dibayar.

Fauzi berharap, Kuasa Pengguna Anggaran yang memperoleh alokasi dana pada APBN 2012 dapat meningkatkan percepatan penyerapan dan kualitas penyerapan anggaran yang telah dialokasikan.

Diharapkan anggaran tersebut dapat dimanfaatkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat Batam dan Karimun dan dapat menjadi pendorong perekonomian daerah serta berkontribusi pada peningkatan kesejahteraan rakyat Indonesia dan peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia, imbuhnya.

"Pada tahun anggaran 2011, total pagu APBN yang disalurkan melalui KPPN Batam untuk Satuan Kerja di Batam dan Karimun sebesar Rp865,22 miliar," terang dia

Menurut dia, persentase penyerapan sampai 21 Desember 2011 adalah belanja pegawai sebesar Rp292,94 miliar (99,47 persen), belanja barang Rp235,86 miliar (73,01 persen), belanja modal Rp176,38 miliar (80,96 persen) dan belanja bantuan sosial sebesar Rp28,52 miliar (95,68 persen).

Sementara penyaluran DBH PBB perkotaan dan pedesaan untuk Batam Rp41,23 miliar dan untuk Karimun Rp9,97 miliar.

Sedangkan untuk tahun anggaran 2012, kata Fauzi, DIPA yang akan disalurkan melalui KPPN Batam adalah 118 DIPA dengan pagu sebesar Rp926,84 miliar.

Rinciannya, untuk Batam 85 DIPA dengan nilai pagu Rp711,66 miliar dan untuk Karimun 33 DIPA dengan nilai pagu Rp215,18 milyar. Hal ini belum termasuk DIPA DBH PBB perkotaan dan pedesaan yang penyalurannya juga dilakukan melalui KPPN Batam.

Fauzi mengatakan dana DIPA tersebut dialokasikan kepada Satuan Kerja Pemerintah Pusat, instansi vertikal pemerintah pusat di daerah, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang menerima dana dekonsentrasi, tugas pembanntuan, Urusan Bersama serta Dana Bagi Hasil (DBH). Penyerahan DIPA secara nasional telah dilaksanakan di Istana Negara, Selasa (20/12) lalu oleh Presiden RI, Soesilo Bambang Yudhoyono.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan mengatakan DIPA yang diterima Batam lebih banyak untuk instansi vertikal. Keberadaan instansi vertikal, sebut Dahlan sangat penting untuk mendukung pembangunan Batam.

Penyerahan DIPA, biasanya dilakukan KPPN Batam langsung ke satuan kerja masing-masing. Namun tahun ini, diserahkan bersama di kantor Walikota Batam.

Kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahmi antara Pemko Batam dengan instansi vertikal yang ada di Batam, paparnya.

Penyerahan DIPA dilakukan simbolis oleh Walikota Batam, Ahmad Dahlan kepada Polresta Barelang, Kantor Pelayanan Pajak Madya Batam, Imigrasi Batam, Badan Pemeriksa Keuangan serta Dinas Kelautan dan perikanan Batam.

Selain itu, KPPN Batam juga memberikan penghargaan kepada Kejaksaan Negeri Tanjungbalai Karimun dan Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Tanjungbatu untuk laporan keuangan terbaik. [mor]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA