Sabtu, 25 Oktober 2014
Follow Us: Facebook twitter
740 Kader PKK Ramaikan Jambore Posyandu
Headline
inilah.com
Oleh: BeritaPagi Palembang
sindikasi - Kamis, 15 Desember 2011 | 01:10 WIB

INILAH.COM, Palembang - Sebanyak 740 kader PKK dari 15 kabupaten/kota meramaikan kegiatan Jambore Posyandu tingkat Sumsel.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumsel H Alex Noerdin di Dining Hall Wisma Atlet, Jakabaring Sport City (JSC), Rabu (14/12).

Dalam sambutannya Gubernur mengatakan, Posyandu merupakan wahana bagi masyarakat untuk memberikan penyuluhan kesehatan.

Untuk itu juga diperlukan peran aktif masyarakat dalam mendukung program Posyandu sebagai upaya peningkatan kesehatan ibu dan anak yang cukup strategis guna membangun kemandirian masyarakat.

“Keberadaan Posyandu merupakan modal daerah yang harus terus dikembangkan, seiring dengan program-program kesehatan gratis yang ditelurkan Pemprov Sumsel. Karena Posyandu juga dapat mendukung program merakyat itu berjalan dengan baik,” ujar Gubernur.

Gubernur mengatakan, kader Posyandu mesti berbangga diri karena mengemban tugas mulia dan bermanfaat bagi masyarakat. Segenap kader Posyandu juga bekerja dengan hati nurani.

“Karena generasi Sumsel ke depan bergantung dari pendidikan sejak dini semasa balita serta kesehatan dan gizi balita tersebut, agar tumbuh dan berkembang menjadi generasi yang berkualitas,” ujar Gubernur.

Dalam kesempatan itu juga, Gubernur berharap, peserta Jambore Posyandu mampu mengaplikasikan pendidikan dan pelatihan yang diperoleh selama Jambore, di daerah masing-masing. Dengan begitu, peran Posyandu menjadi komponen penting di tengah-tengah kehidupan masyarakat.

“Kembangkan yang sudah diperoleh dari Jambore ini. Tentunya Posyandu ini tidak bisa dipandang sebelah mata, karena perannya cukup strategis dalam membentuk manusia-masusia yang andal sehingga mampu melanjutkan pembangunan Sumsel pada masa mendatang,” pinta orang nomor satu di Sumsel ini.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Sumsel Eliza Alex Noerdin mengatakan, Jambore ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan keterampilan serta mempererat persatuan dan kesatuan, sekaligus memberikan motivasi kepada kader Posyandu agar dapat bekerja lebih professional.

“Sebagaimana program pemerintah, baik pusat maupun provinsi, dalam bidang kesehatan, bahwa Posyandu menjadi hal yang penting dan SDM-nya harus terus ditingkatkan. Jambore ini salah satu agenda turut membantu pemerintah mencapai tujuan tersebut,” jelas Eliza.

Eliza mengatakan, dalam Jambore ini, peserta akan diberikan beberapa pengetahuan tentang kesehatan masyarakat, khususnya ibu dan anak. Di antaranya, materi mengenai obat generik dan herbal, pengetahuan deteksi dini kanker serviks, bagaimana mendidik dan membentuk anak agar tumbuh aktif dan tanggap, serta pengetahuan makanan pendamping air susu ibu (ASI) yang sehat.

“Semua pengetahuan dan pendidikan yang diberikan ini menjadi modal bagi kader Posyandu dalam memberikan kesadaran dan pemahaman kepada masyarakat arti penting kesehatan ibu dan anak. Apalagi, untuk masyarakat dan perkembangan zaman, kader Posyandu harus bisa memberikan pelayanan yang professional,” kata Eliza. [mor]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA