Selasa, 30 September 2014
Follow Us: Facebook twitter
Sejumlah Ketua Partai Bersaing Pilgub Lampung
Headline
inilah.com/Wirasatria
Oleh: Kupas Tuntas
sindikasi - Sabtu, 3 Desember 2011 | 05:20 WIB

INILAH.COM, Bandarlampung -Sejumlah Ketua partai politik tingkat provinsi, dinilai punya kans kuat memenangi pemilihan gubernur Lampung 2013. Seperti, Golkar, PKS, Demokrat, PDI P, dan PAN.

Masing-masing Ketua Partai tersebut, yakni, Alzier Dinas Thabrani (Golkar), Gufron Aziz Fuadi (PKS),Ridho Ficardo (Demokrat), Abdurahman Sarbini (PAN). Sementara PDIP, banyak kabar bekembang, Rycko Menoza, SZP akan diusung partai berlambang banteng moncong putih tersebut.

Menurut analisa Pengamat politik Unila, Ariska Waraganegara, partai-partai yang bersaing ketat pada Pilgub Lampung mendatang merupakan partai yang berjaya pada Pemilu 2009 terutama Demokrat, Golkar dan PDIP.

Melihat perkembangan suara dan pergerakan partai, jelas Ariska, saat ini partai yang memiliki mesin berkualitas tinggi adalah PKS sementara partai yang memiliki pemilih berideologi yaitu PDIP.

"Jika saja kedua partai ini berkolisi pada Pilgub nanti, kekuatannya akan sangat sulit dibendung. Dan mengenai personaliti, tokoh-tokoh yang berpeluang untuk maju dan bersaing pada Pilgub adalah ketua-ketua Partai tingkat provinsi," jelasnya, Jumat (2/12) malam.

Sementara, mengenai suhu politik Lampung, menurut Ariska, sejak awal Tahun 2011, terus meningkat dari bulan ke bulan. Kondisi ini semakin menjadi, dipicu isu Pilkada Kabupaten Tulangbawang, Tanggamus dan Lampung Barat (Lambar) tahun 2012, Pilgub t2013 dan Pemilu 2014.

Dinamika politik yang berlangsung, sejauh ini, menurut Ariska belum dapat dikatakan positif. Pasalnya, berbagai konflik masih terjadi, karena Undang-Undang yang ada tak sepenuhnya mampu menyehatkan persaingan politik.

"Rendahnya kualitas Undang-Undang, secara tidak langsung memberikan peluang besar kepada para politisi untuk melakukan hal-hal yang 'samar', demi mencapai tujuan politiknya," kata Ariska Warganegara.

Dimintai komentarnya, Sekretaris DPD PDIP Lampung, Dedi Afrizal mengatakan, DPD bersama DPC PDIP tiga daerah, Tulangbawang, Tanggamus dan Lambar, sudah melakukan rapat awal, membahas persiapan penjaringan Pilkada di tiga daerah itu, tahun 2012.

"PDIP termasuk partai pemenang di tiga daerah. Yang harus kami lakukan adalah mempertahankan yang sudah dicapai dan mengembangkan strategi dalam upaya mengejar target-target yang belum terealisasi," ujarnya, Jumat (2/12).

Direktur Eksekutif Rakata Institute,Eko Kuswanto, mengatakan, ketua-ketua parpol memang sangat berpeluang memenangi pilgub.Apalagi, jika gubernur dipilih oleh DPRD bukan oleh rakyat langsung.

"Ketua parpol memiliki kans karena mesin politiknya sudah ada.Apalagi, jika gubernur di pilih DPRD, maka ketua parpol akan lebih mudah untuk memenangkan pilgub," terangnya.

Akan berbeda, jelas Eko, jika pilgub amsih secara langsung.Sebab, kandidat dari luar parpol memiliki peluang sama dengan ketua parpol untuk bertarung.Kandidat bukan ketua parpol, jelasnya, akan melawan kekuatan ketua parpol dengan kekuatan gabungan parpol

."Kandidat bukan ketua parpol berpeluang juga jika pemilihan langsung.Karena mereka bisa mengabungkan parpol-parpol menengah dan kecil," ujarnya.

Terpisah, Ketua DPW PAN Lampung, Abdurachman Sarbini, saat memimpin rapat persiapan Rakernas PAN di Kantor DPW PAN Lampung menegaskan, partainya akan menjawab semua tantangan dengan kerja nyata. Ia menghimbau seluruh kader PAN di Lampung, agar senantiasa menjaga kesolidan dalam rangka mencapai target suara dua digit pada Pemilu 2014 dan menghantarkan Ketua Umum PAN Hatta Rajasa sebagai presiden.

"Rakernas PAN akan dilaksanakan 10 dan 11 Desember nanti. Di dalamnya hal utama yang akan dibahas adalah pemantapan strategi untuk mencapai target suara dua digit," ucapnya.

Soal Pilkada tiga daerah, Wakil Ketua Bidang Komunikasi Politik DPW PAN Lampung, Ahmad Bastari, mengatakan, penjaringan akan mulai dibahas awal tahun 2012. Saat ini, DPD PAN di tiga daerah itu tengah bekerja keras menguatkan organisasi, juga terus memantau perkembangan aspirasi masyarakat.

Sedangkan PKS, saat ini sudah hampir rampung melaksanakan penjaringan tokoh internal yang bisa diusung sebagai Cabup maupun Cawabup pada Pilkada Kabupaten Tulangbawang, Tanggamus dan Lambar.

"Pengurus PKS tiga daerah itu akan melaporkan hasil penjaringan kepada DPW PKS Lampung 6 Desember nanti," kata Ketua DPW PKS Lampung, Gufron Aziz Fuadi belum lama ini.

Sementara partai pemenang Pemilu lalu, Demokrat terkesan mempertahankan kemenangannya secara 'dingin'. DPD Demokrat Lampung sangat tertutup soal Pilkada, Pilgub maupun Pemilu.

Hingga berita ini dibuat, wartawan belum berhasil memperoleh ketarangan baik dari Ketua DPD Demokrat Lampung, Ridho Ficardo maupun Sekretarisnya, Fajrun Najah Ahmad. [mor]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA