Jumat, 25 April 2014
Follow Us: Facebook twitter
Satu Lagi, Jamaah Haji Sulsel Meninggal di Batam
Headline
inilah.com
Oleh: Haluan Kepri
sindikasi - Kamis, 17 November 2011 | 23:55 WIB

INILAH.COM, Batam - Satu lagi, jamaah haji meninggal saat transit di Bandara Hang Nadim, Batam, Rabu (16/11). Namanya Siti Fatimah binti Mennu (46), asal Debarkasi Ujung Pandang, Sulsel.

Siti Fatimah dilarikan ke Rumah Sakit Otorita Batam (RSOB) saat pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 1303 transit mengisi bahan bakar di Bandara Hang Nadim, Batam, akibat sesak nafas dan langsung mendapatkan perawatan di ruang ICU.

"Almarhumah wafat sekitar pukul 20.55 WIB di RSOB," kata Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Batam, Handarlin yang didampingi Wakil Sekretaris I, Alikek Said di Asrama Haji Batam Centre, Kamis (17/11) di Batam Centre.

Alikek menjelaskan, kemarin jenazah almarhum telah diberangkatkan dari Batam menuju Jakarta dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 151 pada Kamis (17/11) pukul 8.15 WIB. Untuk selanjutnya transit ke Jakarta dan kemudian menuju Makassar. "Tiba di Makassar sekitar pukul 13.55 WITA," imbuh Alikek.

Sebelumnya seorang JH asal Provinsi Sulawesi Tengah yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 3 Balikpapan menghembuskan nafasnya di RSOB, Rabu (16/11) sekitar pukul 18.15 WIB. Almarhum bernama Darmo bin Barmawi dengan nomor pasport A0302966 wafat setelah sebelumnya dirujuk ke RSOB akibat sesak nafas.

Sementara itu dari Makkah, tiga jamaah haji Embarkasi Batam kembali wafat di tanah suci. Yakni Mauriyah binti Syahrani (52) asal Kabupaten Sambas-Kalimantan Barat, Amnah binti Sarkawi (54) asal Kabupaten Indragiri Hilir-Riau dan Nurlis binti Zainun (69) asal Kabupaten Kampar-Riau.

Mauriyah binti Syahrani merupakan jamaah haji kloter 18 Embarkasi Batam dengan nomor manifest 149 yang beralamat dusun Timor Rt/Rw 05/02 Desa Tumuk Manggis, Kabupaten Sambas.

Wafat di pemondokan Makkah akibat menderita sistem sirkulasi. Almarhumah wafat pada Selasa (15/11) pukul 11.45 Waktu Arab Saudi dan telah dimakamkan di pemakaman Syaraya, Makkah.

Pada hari yang sama wafat Amnah binti Sarkawi dengan nomor manifest 334 merupakan jamaah haji kloter 11 yang beralamat di Lorong Pos RT 06/07 Belantaraya, Kecamatan Gaung Anak Serka-Inhil. Almarhumah wafat akibat gangguan system sirkulasi setelah sebelumnya mendapat perawatan di Rumah Sakit Arab Saudi.

Sedangkan Nurlis binti Zainun dengan nomor manifest 291 merupakan jamaah haji kloter 13 yang beralamat di Dusun II rimbo panjang RT02/01 Kecamatan tambang-Kabupaten Kampar. Wafat di Makkah pada hari yang sama, Selasa (15/11) sekitar pukul 14.00 WAS akibat gangguan sistem pernafasan.

Pada bagian lain, seorang jamaah haji asal Provinsi Riau, Rafiah binti Yusuf Idris tertunda dipulangkan ke tanah air bersama kelompok terbang (kloter) 6 Debarkasi Batam, Kamis (17/11).

Akhirnya jamaah haji kelompok terbang (kloter) 6 asal Kota Pekanbaru yang seharusnya pulang berjumlah 449 jamaah sebagaimana saat berangkat ke tanah suci, berkurang menjadi 448 jamaah.

"Rafiah binti Yusuf Idris tertunda dipulangkan ke tanah air karena sedang dirawat di Rumah Sakit An-Nur akibat menderita sesak nafas," ungkap Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Batam, Handarlin.

Rafiah akan segera dipulangkan ke tanah air jika kondisi kesehatannya telah membaik. Dan akan dipulangkan melalui kloter berikutnya jika sheet masih ada.

Kedatangan jamaah haji kloter 6 lebih cepat hampir dua jam dari jadwal yang telah ditentukan. Berdasarkan jadwal, jamaah haji kloter 6 tiba di bandara Hang Nadim pada pukul 13.00 WIB. Namun pesawat Saudi Arabia Airlines telah landing di Bandara Hang Nadim Batam pada pukul 11.07 WIB.

Di Asrama Haji Batam Centre, rombongan jamaah haji disambut Kepala Bidang Haji, Zakat dan Wakaf Kanwil Kementerian Agama Provinsi Riau, Abdul Azis, Asisten I Walikota Pekanbaru, beberapa anggota DPRD Pekanbaru dan petugas PPIH Debarkasi Batam. [ipe]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.