Sabtu, 1 November 2014
Follow Us: Facebook twitter
5 Ekor Sapi Digasak Pencuri
Aksi Pencurian Ternak di G Talang Makin Berani
Headline
IST
Oleh: Haluan Padang
sindikasi - Rabu, 2 November 2011 | 01:45 WIB

INILAH.COM, Solok — Kawanan bandit spesialis pencuri ternak masyarakat kembali beraksi di wilayah Gunung Talang, Kabupaten Solok, Senin (31/10) dini hari.

Tak tanggung tanggung, komplotan alap-alap malam hari ini bahkan berhasil menyikat lima ekor sapi jenis Simental sekaligus, milik Anwar (34), warga Jorong Pasar Baru, Nagari Guguak.

Alhasil, korban yang sehari-hari juga berprofesi sebagai guru di salah satu SD Negeri di Koto Gadang Guguak itu, setidaknya mengalami kerugian Rp60 juta.

Alasannya, harga seekor sapi Simental berpostur besar itu ditaksir Rp15 jutaan. Apa lagi jelang hari Raya Kurban yang jatuh 6 November lusa, dipastikan membuat harga sapi melambung naik di pasaran.

Peristiwa pencurian itu sendiri baru diketahui oleh Anwar dan keluarganya, ketika ia hendak pergi ke kandang sapinya yang terletak di Kubang Ronjong, sekitar 300 meter dari rumahnya.

Menurut penuturan Riki, salah seorang keluarga korban, pada malam yang naas itu, tidak biasanya anggota keluarga sepertinya merasa sangat malas untuk pergi mengontrol kandang sapi milik mereka.

Hujan yang rintik-rintik pada saat itu semakin membuat mereka kian malas untuk mengontrol kandang sapinya. Padahal, kata Riki, biasanya setiap 2 atau 3 jam sekali, mulai pukul 8 malam hingga dini hari, mereka rutin secara bergantian memeriksa kondisi kandang sapi sekaligus untuk memberi makan ternak sapi mereka dengan rumput.

“Sepertinya kawanan maling ternak itu seolah-olah punya ilmu khusus yang membuat korban aksi kejahatan pencurian mereka terlena, sehingga mereka bisa beraksi dengan leluasa,” papar Riki.

Alhasil, kawanan pencuri ternak yang diperkirakan berjumlah lebih dari 3 orang dan memakai mobil colt diesel itu, berhasil kabur dari lokasi kandang dengan membawa serta 5 ekor sapi milik korban.

Keluarga korban cuma bisa berharap agar aparat kepolisian bisa mengungkap kasus pencurian ternak milik masyarakat yang belakangan terasa makin menggila dan berhasil pula menangkap tersangka pelakunya.

Dari catatan Haluan, sejak dua bulan terakhir, komplotan bandit pencuri ternak sudah berkali-kali beraksi di wilayah Gunung Talang dan sekitarnya.

Bahkan bulan lalu, kawanan pencuri ternak yang diduga masih pelaku yang sama, juga berhasil membawa kabur 5 ekor sapi milik masyarakat yang juga tinggal di daerah Koto Gadang Guguak.

Padahal seminggu sebelumnya, 2 ekor sapi milik warga Nagari Talang juga berhasil digasak kawanan penjahat spesialis pencuri ternak, yang oleh warga Gunung Talang disebut dengan istilah Petermas ini. [mor]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA