Selasa, 23 Desember 2014
Follow Us: Facebook twitter
Kasus Percabulan Marak Di Kupang
Headline
Foto : ilustrasi
Oleh: Erende Pos
sindikasi - Minggu, 30 Oktober 2011 | 22:45 WIB

INILAH.COM, Kupang - Kasus percabulan yang kerap menimpa remaja di Kota Kupang akhir-akhir ini kian marak. Hal itu setidaknya mendapat perhatian dari lembaga yang menangani masalah kekerasan pada anak dan pemerkosaan di bawah umur.

Kordinator Pendamping bagian IT Rumah Perempuan (RP) Kupang, Erlin Lede yang ditemui wartawan di ruang kerjanya, Sabtu (29/10) mengatakan, lembaga yang dibentuk tahun 2000 itu telah menangani 1.406 kasus. Dari jumlah itu, kata dia, 67 persen diantaranya kasus Kekerasan dalam rumah tangga.

“Kasus-kasus yang terjadi di Kota Kupang yang kami tangani cukup banyak seperti kasus KDRT, pemerkosaan anak di bawah umur dan juga pemerkosaan dan pembunuhan. Kasus-kasus yang kami tangani ini, ada beberapa kasus yang sudah ada titik terang dalam penyelesaiannya,” jelas Erlin.

Namun demikian dalam penanganan kasus-kasus tersebut pihaknya hanya melakukan pendampingan terhadap korban kekerasan.

“Kami hanya sebatas mendamping hingga kasus bisa terungkap, hal yang kita alami sehingga menyebabkan kasus lama terungkap akibat dari masyarakat yang tidak mau memberikan keterangan. Kelemahan untuk mengukap kasus harus ada keterangan dari saksi sehingga bisa terungkap,” jelasnya seraya menambahkan, “Banyak kasus bermula dari kekerasan seksual, ingkar janji kepada korban. Sehingga selama ini kita selalu mendekatkan pelaku untuk mendampingi mereka hingga sampai di kepolisian,”.

Dia menambahkan, sesuai hasil evaluasi yang dilakukan pihaknya mendapati bahwa maraknya kasus kekerasan seksual yang terjadi di Kota Kupang diakibatkan lemahnya tingkat control dari orang tua terhadap anak.

“Selama ini perhatian dari orang tua terhadap pergaulan anak sangat kurang. Dimana aktivitas anak tidak pernah di kontorl dengan baik, baik di rumah maupun di luar rumah, apalagi anak sekarang selalu berhubungan langsung dengan dunia teknologi yang sudah menguasai mereka sehingga mereka bergerak bebas tanpa ada control dari orang tua,” katanya. [mor]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA