Kamis, 30 Oktober 2014
Follow Us: Facebook twitter
Jelang Idul Adha 1432 H
Pekanbaru Kekurangan 895 Ekor Sapi
Headline
inilah.com/Wirasatria
Oleh: Haluan Riau
sindikasi - Kamis, 20 Oktober 2011 | 04:10 WIB

INILAH.COM, Pekanbaru - Pekanbaru masih mengalami kekurangan sapi kurban, jelang perayaan Idul Adha 1432 Hijriah.

dealnya, sapi kurban yang harus dipenuhi untuk kurban sebanyak 4.562 ekor, tetapi persedian sapi sekarang hanya 3.687 ekor. Artinya, Pekanbaru masih kekurangan 895 ekor sapi kurban.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Peternakan Pekanbaru, Sentot D Prayitno, Rabu (19/10). Walau mengalami kekurangan sapi kurban, namun Dinas Pertanian Pekanbaru optimis dapat memenuhinya 2 minggu jelang Idul Adha.

Kekurangan sapi kurban, menurut Sentot, dapat terpenuhi dengan masuknya pedagang Sapi musiman dari luar kota.

"Sudah kita lihak ke beberapa titik, ternyata Pekanbaru masih kekurangan sapi kurban. Namun hal itu dapat diatasi dengan masuknya pedagang musiman yang menjual sapi di Pekanbaru menjelang Idul Adha nanti," kata Sentot.

Sementara untuk kambing dan kerbau, kata Sentot, malah mengalami kelebihan. Di mana kebutuhan di Pekanbaru hanya 2.416 ekor, sedangkan stok mencapai 4.892 ekor. Begitu juga dengan kebutuhan kerbau sekitar 532 ekor, namun stok yang dimiliki juga berlebih.

Tim Dinas Pertanian Pekanbaru, kata Sentot, telah turun ke lapangan sejak tanggal 17 Oktober lalu untuk memantau kondisi hewan kurban.

Sebab hewan kurban yang akan disembelih nantinya harus memenuhi kriteria, seperti bebas penyakit cacing hati, antraks dan mata, berjenis kelamin jantan, tidak ada cacat dan pincang, begitu juga dengan beratnya harus ideal.

Bila hewan kurban tersebut telah memenuhi persyaratan, maka tim dari akan mengeluarkan surat kesehatan hewan dan surat ijin potong. [mor]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA